IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membasmi Leaf Miner Hama Perusak Daun Sayur - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membasmi Leaf Miner Hama Perusak Daun Sayur

Urban Hidroponik – Salah satu hama yang sering menyerang sayuran daun/buah pada pertanian hidroponik ialah hama leaf miner. Hama yang satu ini sangat khas, daun yang terserang akan memperlihatkan jejak seperti jalan atau aliran sungai di permukaan daun.

Hama leaf miner memang tidak menyebabkan kematian tapi pada skala tertentu dapat menurunkan hasil panen serta menurunkan kualitas tanaman sayuran. Kurang bagus saja kalau sayur daunnya banya jejak sungainya.

Cara Mengatasi Hama Leaf Miner pada Tanaman Hidroponik


Hama leaf miner ini bersumber dari lalat, yaitu dari larva lalat Agromyzedae. Larva lalat tersebut hidup dan menggerogoti jaringan daun pada tanaman. Jadi singkat cerita, lalat jenis Agromyzedae numpang bertelur pada daun, kemudian telurnya menjadi larva dan larva itulah yang merusak daun. Larva tersebut menggerogoti jaringan daun sampai meninggalkan jejak seperti sungai. Sebenarnya jejak tersebut tidak berada di permukaan melainkan berbentuk terowongan (di bawah permukaan daun).


Siklus Hidup Leaf Miner
Larva tersebut berasal dari lalat betina yang menyimpan telur pada dun, lalat  betina biasanya memotong dan menyayat permukaan daun yang akan dijadikan tempat bertelur. Jumlah telur yang disimpan lalat tersebut bisa mencapai angka 250 butir telur di bawah jaringan epmidermis daun. Wow! Wow! Woooow!

cara membasmi leaf minerRatusan telur tersebut menjadi larva pada usia 10 hari. Enk ink enk, pengrusakan pun dimulai. Ratusan larva itu mulai mencari makan dengan cara mengunyah jaringan daun yang kemudian kita lihat seperti jejak sungai. Setelah mencapai waktu 2-3 minggu mereka terjun bebas ke tanah dan mencari/membuat lubang sedalam 1-2 inci untuk bertapa sebagai kepompong. 


Mereka bertapa di dalam tanah selama kurang lebih 15 hari, setelah itu mereka menjadi lalat dewasa (ada juga yang mati gegara keinjek sama si pemilik kebun :D)

Cara Membasmi Hama Leaf Miner
Ketika tanaman terserang hama leaf miner, cara untuk membasmi/mengendalikannya ada beberapa alternatif Anda bisa memakai cara-cara brutal seperti memakai sabun dan sebagainya. Bisa juga memakai cara yang lebih asyik yaitu memakai racun organik misalnya menggunakan minyak mimba. Tapi sayangnya minyak mimba pada aplikasinya banyak juga yang digabungkan dengan sabun cuci. Duh!

Selain cara di atas, Anda juga bisa memakai racun/insektisida berbahan aktif Abamectin. Insektisida yang satu ini dijamin geregetan. Atau bisa juga memakai Petrogenol . 


Jebakan Leaf Miner Berwarna Kuning
Berdasarkan penelitian ilmiah, serangga sangat kasmaran dengan warna-warna kuning, Anda bisa membuat jebakan betmen dengan memakai jebakan berwarna kuning. Tinggal simpan saja jebakannya di sekitar tanaman. Lalat perusak pun akan terjebak di sana. Cara membuat jebakan betmennya akan kita tulis terpisah atau silakan langsung berkunjung ke blog azzam.

Daftar Pustaka
https://www.planetnatural.com/pest-problem-solver/houseplant-pests/leafminer-control/

Sumber gambar:
https://www.planetnatural.com
http://www.azzamrumahherbal.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.