IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Mekanisasi Pertanian Bukan Satu-satunya Jalan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Mekanisasi Pertanian Bukan Satu-satunya Jalan

Urban Hidroponik - Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menarik minat pemuda agar mau menjadi petani dilakukan dengan cara mekanisasi pertanian. Cara ini mungkin berdampak, para pemuda yang semula ngungun kini sudi kembali ke sawah dan ladang.

Akan tetapi, mekanisasi bukanlah jalan satu-satunya untuk menarik minat pemuda agar mau bergerak dan terjun di dunia pertanian, agar mau menjadi petani.

Dalam artikel sebelumnya, telah dituliskan bahwa krisis regenerasi petani menjadi semakin parah ketika petani tidak merasa berdaulat (bahagia). Peran-peran petani tidak mendapatkan apresiasi yang positif dari masyarakat.

Wujudkan Kedaulatan Petani, Atasi Krisis Regenerasi Petani


Perlu dilakukan upaya untuk mengembalikan kedaulatan petani, bagaimanapun petani merupakan elemen sosial yang berkontribusi paling banyak bagi elemen sosial lainnya. Sekarang silakan dicermati, ketika Anda bangun pagi dan minum kopi, semua kenikmatan itu datang dari tangan petani.

Agak siang sedikit, sekitar jam 9 pagi Anda membeli nasi uduk atau bubur ayam, semua itu dari hasil jerih petani. Sekitar jam 12 siang Anda memesan tempe mendoan dan nasi bakar, itu juga buah tangan petani. Agak sorean sekitar jam 3 Anda membeli mi bakso, sama juga dari petani datangnya.

Lalu, setibanya di rumah, sekitar jam 7 malam, bersama keluarga Anda makan malam dilanjutkan mengunyah cemilan kacang rebus pada jam 8, semuanya itu tiada lain datang dari petani.

krisis regenrasi petani

Dalam sehari, petani telah berkontribusi sangat banyak kepada orang lain. Sementara apresiasi positif yang didapatkan petani, apa? Petani selalu ditempatkan di barisan paling belakang. Lalu, bagaimana minat bertani bisa tumbuh dan melanda generasi muda?

Kembalikan kedaulatan petani, tempatkan mereka sebagai pahlawan paling depan yang menentukan nasib negaranya. Karena negara yang berdaulat adalah negara yang pangannya berdaulat. Negara yang pangannya berdaulat hanya bisa diwujudkan melalui petani yang berdaulat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.