IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Pengaruh Suhu Air terhadap Populasi dan Pertumbuhan Ikan (Akuaponik) - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Pengaruh Suhu Air terhadap Populasi dan Pertumbuhan Ikan (Akuaponik)

Urban Hidroponik - Salah satu faktor penting dalam akuaponik ialah suhu air kolam, Anda bisa membaca artikel 7 Elemen Penting Akuaponik untuk mencari tahu elemen penting akuaponik lainnya.

Suhu kolam ikan untuk akuaponik secara umum harus berada di kisaran 28-30 derajat celcius. Bila berada di bawah atau di atas suhu tersebut, kira-kira apa yang akan terjadi?

Suhu Ideal Kola Ikan Akuaponik


Suhu kolam memberi pengaruh langsung terhadap ikan yang dibudidayakan, ketika suhu menjadi sangat dingin ikan menjadi tidak aktif dan tidak lahap. Hal ini terjadi karena suhu dingin mempengaruhi sistem pencernaan ikan yang tidak bekerja optimal pada keadaan suhu dingin. Ketika sistem pencernaan menolak bekerja maka kekebalan tubuh ikan juga menurun. Ketika kekebalan tubuh  menurun ikan menjadi mudah sakit bahkan mati karena penurunan daya tubuh berarti membuka pintu untuk berbagai penyakit menyerang ikan.

Cara yang biasa dilakukan untuk menghindari hal tersebut biasanya pelaku budidaya perikanan memberikan vitamin C dan B Kompleks yang dicampur ke dalam pakan. Ada juga pembudidaya yang mengaplikasikan penggaraman dan pemberian probiotik sebagai tindakan pencegahan serangan bakteri patogen yang aktif pada suhu yang rendah.

Suhu kolam ikan seharusnya stabil berada di kisaran suhu seperti yang telah disebutkan di atas dan tidak mengalami fluktuasi ekstrim pada saat siang dan malam. Suhu ideal yang terpenuhi akan membuat ikan menjadi aktif, lahap, dan memiliki kekebalan tubuh yang maksimal. Hal ini sesuai dengan penelitian Tucker dan Hargreaves, ada keterhubungan antara suhu air dan respon ikan dalam mengonsumsi pakan, seperti pada tabel di bawah ini:

suhu kolam ikan akuaponik

Berdasarkan tabel di atas, suhu air kolam yang ideal bagi ikan berada pada kisaran 28-30 derajat Celcius. Suhu air kolam yang dingin maupun panas akan membuat respon ikan tidak optimal pada pakan. 

Peran Suhu Air Kolam terhadap Ikan
Suhu air kolam sangat berpengaruh pada ikan, keterpengaruhan tersebut dapat diindikasikan sebagai berikut: 
  • Meningkatkan atau menurunkan Laju metabolik (pertumbuhan)
  • Mempengaruhi pemijahan & penetasan telur
  • Suhu air yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menyebabkan stress, menyebabkan ikan lebih rentan terhadap serangan penyakit (lihat tabel di atas)
  • Temperatur memainkan peranan penting didalam proses-proses penyakit infeksius.
  • Sebag. besar senyawa kimia lebih mudah larut dengan meningkatnya temperatur, sebaliknya O2 dan CO2 menjadi kurang larut.
Selain memberikan pengaruh di atas, jika suhu air di kolam ikan akuponik meningkat makan akan terjadi beberapa hal seperti yang ditulisi di laman Bibit Ikan, misalnya: Meningkatkan toksisitas dari kontaminan-kontaminan terlarut, Mendukung perkembangan dan tingkat serangan patogen ikan, Konsentrasi O2 terlarut menurun, Konsumsi O2 meningkat, dengan meningkatnya temperatur tubuh dan laju metabolik ikan. Respon kekebalan tubuh ikan meningkat. Dampak Suhu Rendah Air Kolam pada Ikan

Bila terjadi hal sebaliknya (suhu rendak) maka pada umumnya akan terjadi temperatur tubuh ikan menurun, Menekan respon kekebalan ikan. Nafsu makan, aktivitas dan pertumbuhan menurun. 

Demikian hubungan antara suhu air kolam dan ikan yang harus Anda perhatikan untuk keberhasilan pertanian akuaponik Anda. Semoga menginspirasi. Hijaukan dinding kota. Segarkan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.