IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Dampak Kekurangan kelebihan Unsur Besi (Fe) pada Tanaman Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Dampak Kekurangan kelebihan Unsur Besi (Fe) pada Tanaman Hidroponik

Urban Hidroponik - Unsur hara besi (Fe) merupakan unsur mikro bagi tanaman (dibutuhkan dalam jumlah sedikit). Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit kekurangan unsur besi (Fe) pada tanaman dapat memberikan dampak yang signifikan, salah satunya adalah terganggunya proses respirasi dan fotosintesis.

Dampak Unsur Hara Besi (Fe) pada Tanaman Hidroponik


Tanaman yang kurang unsur besi (Fe) jarang sekali, bila terjadi biasanya disertai gejala-gejala tertentu pada bagian tanaman (daun). Kekurangan Fe ini dikarenakan ketidakseimbangan antara Fe dengan zat kapur (Ca), biasanya kapur berlebihan (alkalis). Kekurangan unsur besi (Fe) pada tanaman akan menimbulkan gejala klorosis (penguningan) di antara tulang-tulang daun terutama pada daun-daun muda. Gejala klorosis dapat bervariasi dari yang ringan sampai parah dan mudah untuk dikenal atau diidentifikasi.

Kekurangan Unsur Besi (Fe) pada Tanaman

  • Klorosis biasanya pada daerah alkali
  • Daun muda berwarna putih pucat lalu kekuningan, dan akhirnya rontok. Tanaman perlahan-lahan mati dimulai dari puncak.
  • Menyebabkan kenaikan kaadar asam amino pada daun dan penurunan jumlah ribosom secara drastis.
  • Penurunan kadar pigmen dan protein dapat disebabkan oleh kekurangan Fe akan mengakibatkan pengurangan aktivitas semua enzim. 
Biasanya kekurangan FE ini sering terjadi pada awal musim hujan. Karena itu bila Anda berkebun hidroponik gunakan atap agar tanaman terlindung dari hujan dan perubahan unsur hara dan PPM.

Dampak Kelebihan Unsur Besi (Fe) pada Tanaman

Lalu, apa yang akan terjadi bila unsur besi (Fe) didapatkan oleh tanaman secara berlebihan? Pemberian pupuk dengan kandungan Fe tinggi menyebabkan nekrosis yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam pada daun.

dampak kekurangan kelebihan unsur besi (Fe) pada tanaman hidroponik

Bila terdapat gejala-gejala di atas pada tanaman hidroponik di rumah Anda segera pastikan air yang digunakan untuk melarutkan nutrisi tidak memiliki kandungan kapur yang berlebihan. Happy farming, yuk hijaukan dinding kota. Segarkan!

Daftar Pustaka:
http://zerelpity.blogspot.co.id/2012/12/unsur-hara-pada-pupuk.html
http://tonothemycry.blogspot.co.id/2012/04/makalah-besi-terhadap-pertumbuhan.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.