IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Konsep Kebun Hidroponik Minimalis dan Hemat Lahan, Berani Coba? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Konsep Kebun Hidroponik Minimalis dan Hemat Lahan, Berani Coba?

Urban Hidroponik - Masih nggak yakin kalau berkebun itu nggak butuh lahan luas lagi? Sekarang kita akan bagikan beberapa konsep dan teknik hidroponik minimalis alias hemat ruang. Baik berupa kebun vertikultur maupun lanskap (mendatar).

Konsep Kebun Hidroponik Minimalis


Teknik hidroponik itu bisa dibilang fleksibel, Anda bisa membuatnya menjadi sangat ringkas atau bahkan menjadi luas. Tentu semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan lahan di rumah Anda. Sekarang mari langsung saja, berikut ini beberapa teknik hidroponik paling hemat lahan yang pernah ada.

Tower Hidroponik Pipa PVC
Sudah pasti, tower hidroponik merupakan juaranya hidroponik minimalis. Dengan berkebun memakai tower hidroponik Anda tidak perlu lahan luas lagi, untuk bisa menanam 15 sayur sehat, hanya butuh lahan seluas 25 cm persegi saja (memakai tower dengan tinggi 1 meter) bila ketinggian tower ditambah lagi, Anda bisa menanam lebih banyak sayur sehat.

tower hidroponik pvc, urban farming, urban hidroponik


urban hidroponik, tower piva pvc

Tower hidroponik bisa Anda buat sendiri di rumah, tutorialnya bisa dilihat dalam video Cara Membuat Tower Hidroponik. Atau bisa juga langsung membeli tower hidroponik yang sudah jadi, di Tower Hidroponik Full Set 1 Meter.

Teknik hidroponik berikutnya ialah Hidroponik DFT. Anda hanya butuh dinding rumah saja untuk bisa berkebun hidroponik. Selain dinding rumah, bisa juga memanfaatkan benteng atau pagar rumah. Berapa luas dinding yang dibutuhkan, silakan disesuaikan dengan dinding rumah Anda sendiri, pada intinya untuk bisa membangun instalasi hidroponik DFT 6 tingkat, setidaknya butuh dinding setinggi 150 cm, adapun lebar dinding bisa disesuaikan mulai dari 1 meter sampai seluas dinding rumah Anda.

urban farming, urban hidroponik

Sebelum memasang instalasi hidroponik di bagian dinding tertentu, sebaiknya Anda lakukan pemilihan dinding, silakan baca kiat Mencari Dinding Rumah yang Tepat untuk Hidroponik. Atau langsung saja membeli produk yang siap pasang di sini Instalasi Hidroponik DFT 4 Meter.

Selama ini ketika bicara NFT mungkin yang terlintas di benak adalah kebun hidroponik lanskap yang membentang seluas mata memandang. Aih, ternyata teknik NFT bisa juga diaplikasikan secara vertikal (vertikultur) dan memakai bahan pipa PVC.

urban hidroponik, urban farming

urban hidroponik, urban farming

Instalasi Hidroponik NFT baik yang lanskap maupun vertikultur sangat bergantung pada pasokan air dari pompa, itu artinya listrik ga boleh mati. Bila pasokan nutrisi terhenti biasanya tanaman akan layu dan bila terlalu lama mati, tanaman akan ikut mati juga.

Instalasi Hidroponik Portable
Selain tower hidroponik, instalasi hidroponik portable termasuk instalasi populer yang punya banyak penggemar. Ya, tentu saja, selain ringkas dan minimalis, hidroponik portable juga memiliki keunggulan berupa kemudahan untuk dipindah geser ke tempat yang diinginkan. 

urban hidroponik, urban farming

Bila Anda ingin membuat instalasi hidroponik portable, rasanya semua bahan yang dibutuhkan bisa didapatkan dengan sangat mudah. Sebelumnya, Anda bisa membaca dulu Kiat Membuat Rak Hidroponik Portable

Instalasi Hidroponik DBS (Dutch Bucket System)
Instalasi hidroponik DBS sebenarnya butuh lahan cukup luas karena ukurannya yang relatif besar dan kemampuannya yang terbatas (biasanya 1 bucket/ember hanya dipergunakan untuk 1 tanaman saja). Akan tetapi Anda bisa menerapkan teknik DBS di rumah karena sifatnya yang memang artistik. 

urban hidroponik, urban farming

urban farming, urban hidroponik

Hidroponik DBS pada umumnya dibuat dengan memakai boks es krim, sebenarnya ada banyak wadah/bucket lain yang bisa digunakan, misalnya kompan, polybag, dan sebagainya.

Instalasi Hidroponik Botol Gantung
Secara pribadi, Admin lebih menyukai instalasi hidroponik botol gantung dengan pertimbangan karena sangat minimalis, artistik, ramah lingkungan, dan murah meriah :D Tidak hanya itu, instalasi hidroponik botol gantung juga pernah digunakan sebagai hiasan dalam salah satu film yang dibintangi Vien Diesel (gambar kedua)

urban farming, urban hidroponik

urban hidroponik urban farming

Semua teknik hidroponik di atas, konsepnya bisa Anda aplikasikan sesuai kebutuhan. Semakin kreatif tangan dan pemikiran Anda semakin asyik kebun hidroponik di rumah Anda. Yuk berkebun. Ayo, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.