IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Dampak Kekurangan Kelebihan Potassium/Kalium (K) pada Tanaman Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Dampak Kekurangan Kelebihan Potassium/Kalium (K) pada Tanaman Hidroponik

Urban Hidroponik - Kalium merupakan unsur makro bagi tanaman hidroponik, untuk mengetahui apa itu unsur makro dan mikro silakan baca artikel Unsur Hara Makro-Mikro Tanaman Hidroponik. Kira-kira apa sih dampak kekurangan dan kelebihan kalium (K) pada tanaman hidroponik?

Biasanya tanaman yang mengalami kekurangan kalium (K) ditandai dengan daun yang kering dan hangus dan menggulung ke bawah. Hmmm...

Dampak Unsur Kalium (K) pada Tanaman Hidroponik

Unsur hara  kalium (K) bagi tanaman berperan sebagai pengatur proses fisiologi tanaman seperti fotosintetis, transportasi karbohidrat, membuka menutupnya stomata, atau mengatur distribusi air dalam jaringan dan sel.

Unsur kalium (K) berhubungan erat dengan kalsium dan magnesium. Ada sifat antagonisme antara kalium dan kalsium. Dan juga antara kalium dan magnesium. Sifat antagonisme ini menyebabkan kekalahan salah satu unsur untuk diserap tanaman jika komposisinya tidak seimbang. Unsur kalium diserap lebih cepat oleh tanaman dibandingkan kalsium dan magnesium.

Jika unsur kalium berlebih gejalanya sama dengan kekurangan magnesium. Sebab  sifat antagonisme antara kalium dan magnesium lebih besar daripada sifat antagonisme antara kalium dan kalsium. Kendati demkian pada beberapa kasus kelebihan kalium gejalanya mirip tanaman kekurangan kalsium.

Dampak Kekurangan Unsur Kalium (K)
Kekurangan kalium (K) pada tanaman hidroponik terlihat dari daun paling bawah yang kering atau ada bercak hangus. Bunga mudah rontok. Tepi daun ‘hangus’ daun menggulung ke bawah , dan rentan terhadap serangan penyakit. Kekurangan unsur ini menyebabkan daun seperti terbakar dan akhirnya gugur.

Dampak Kelebihan Unsur Kalium (K)
Kelebihan unsur Kalium(K) menyebabkan penyerapan Ca dan Mg terganggu. Pertumbuhan tanaman terhambat. sehingga tanaman mengalami defisiensi. Pada awalnya daun tampak mengerut, kemudian tepi daun menguning, tampak bercak-bercak kotor berwarna coklat, kemudian daun mati.

Kekurangan kelebihan Kalium (K) pada tanaman hidroponik

Kalium juga dikenal sebagai Potassium (Silakan lihat: Daftar Unsur Menurut Nama) Jadi kekurangan potasium dan kalium adalah dua hal yang sama. Sampai jumpa di artikel nutrisi hidroponik berikutnya, atau silakan langsung baca di sumbernya: Unsur Hara Hidroponik. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.