IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Dampak Kekurangan Kelebihan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Dampak Kekurangan Kelebihan Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman Hidroponik

Urban Hidroponik - Salah satu masalah yang sering dihadapi petani hidroponik pada umumnya ketidaktelatenan dalam pemberian nutrisi, sehingga tanaman menjadi kekurangan nutrisi atau kelebihan nutrisi. Sebenarnya apa sih dampak unsur hara makro mikro bagi tanaman hidroponik?

Salah satu dampak dari kekurangan unsur hara yang sering terjadi dan cukup jelas dilihat secara fisik yaitu penyakit daun kuning pada tanaman hidroponik.

Sebagian besar penyakit daun kuning disebabkan oleh kurangnya nutrisi tertentu, misalnya kadar N (nitrogen) yang tidak cukup. Kekurangan unsur hara makro mikro pada tanaman memiliki dampak berbeda-beda untuk tanaman. Penyakit daun kuning misalnya selain disebabkan oleh kekurangan unsur N, juga bisa disebabkan oleh kekurangan unsur lain seperti besi (Fe)

Dampak Unsur Nitrogen (N) pada Tanaman Hidroponik


Sekarang mari kita pelajari dampak dari kekurangan dan kelebian unsur hara Nitrogen (N) pada tanaman khususnya tanaman budidaya secara hidroponik.

Dampak Unsur Nitrogen (N) Bagi Tanaman

Nitrogen berperan dalam pembentukan sel , jaringan, dan organ tanaman juga berfungsi sebagai bahan sintetis klorofil, protein, dan asam amino. Karena itu kehadirannya dibutuhkan dalam jumlah besar terutama saat pertumbuhan vegetatif. Bersama fosfor P)  nitrogen (N) digunakan untuk mengatur pertumbuhan tanaman secara keseluruhan.

Unsur N biasanya tersedia dalam 2 bentuk yakni amonia dan nitrat. Jumlah amonia sebaiknya tidak lebih dari 25% dari total konsentrasi nitrogen. Jika berlebihan tanaman menjadi bongsor tetapi rentan terhadap serangan penyakit. Nitrogen yang berasal dari amonia akan memperlambat pertumbuhan karena mengikat karbohidrat sehingga pasokan sedikit. Dengan demikian cadangan makanan sebagai modal berbunga juga minimal. Akibatnya tanaman tidak mampu berbunga. Seandainya yang dominan adalah nitrogen bentuk nitrat , maka sel-sel tanaman akan kompak dan kuat sehingga lebih tahan penyakit. Untuk mengetahui kandungan N dan bentuk nitrogen dari pupuk bisa dilihat dari kemasan

Dampak Kekurangan Unsur Nitrogen
Tanaman yang kekurangan nitrogen dikenali dari daun bagian bawah. Daun itu menguning karena kekurangan klorofil. Lebih lanjut mengering dan rontok. Tulang-tulang di bawah permukaan daun muda tampak pucat. Pertumbuhan tanaman lambat, kerdil dan lemah. Produksi bunga dan biji rendah.

Tanaman yang kekurangan unsur nitrogen (N) biasanya memiliki ciri-ciri jelas, yakni warnadaun berubah menjadi kuning/kekuningan. Dalam waktu 1 minggu daun menjadi layu, mengering, dan mati. Tanaman sayur daun yang kekurangan unsur N tidak akan bisa dipanen karena daunnya kuning kecuali Anda segera melakukan penyembuhan dengan memberikan asupan nutrisi yang diperlukan, waktu pemulihan yang dibutuhkan agar daun kembali hijau sekitar 1 minggu itu pun bila daun belum menguning dalam stadium yang parah.

Dampak Kelebihan Unsur Nitrogen
Warna daun terlalu hijau , tanaman rimbun dengan daun. Proses pembuangan menjadi lama. Adenium bakal bersifat sekulen karena mengandung banyak air. Hal itu menyebebkan rentan serangan cendawan dan penyakit dan mudah roboh. Produksi bunga menurun.

Dampak Unsur Nitrogen pada Tanaman Hidroponik

Dampak unsur hara lain pada tanaman bisa dibaca di artikel berikutnya ya. Semoga menginspirasi, yuk Hijaukan Dinding Kota. Segarkan! (Sumber: Fajar Sri Pertiwi)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.