IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Apakah Kambing/Domba Memakan Daun Tin dan Anggur? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Apakah Kambing/Domba Memakan Daun Tin dan Anggur?

Urban Hidroponik - Pertanyaan pada judul di atas, apakah domba/kambing memakan daun tin/anggur? Pernah saya lontarkan pada beberapa petani tin di beberapa daerah. Alhasil jawabannya nyaris sebagian besar tidak mengetahuinya, hanya satu petani saja yang menjawab bahwa domba/kambing tidak suka daun tin segar, kecuali yang sudah dicampur dengan daun lain.

Mendengar kabar tersebut saya pun gembira, saat itu saya bermaksud membuat kebun tin di lahan seluas 50 meter persegi di belakang rumah. Di lahan itu belum ada pagarnya dan ada domba/kambing tetangga yang suka ngeloyor ke dalam kebun.

Kambing/Domba Memakan Daun Tin/Anggur?


Singkat cerita saya pun memiliki kebun tin di lahan kecil itu. Sampai beberapa waktu belum ada kambing yang masuk kebun, mungkin karena bibitnya masih kecil sehingga daunnya tidak kelihatan atau mungkin kambing memang tidak suka dengan daun tin.

domba makan daun tin anggurKemarin, tepat ketika saya bepergian ke luar kota. Ketika di rumah tidak ada siapapun, rupanya terjadi serangan  :D saya melihat jejak kaki kambing di dalam kebun. Saya juga melihat banyak pohon tin yang daunnya menjadi gundul dilahap kambing/domba.

Bahkan beberapa batang pohon tin ada yang digigit sampai buntung. Dari pengalaman tersebut kini saya tahu bahwa kambing/doma doyan sama daun tin. Tidak hanya daun tin, rupanya mereka juga doyan sama daun anggur.

Jadi, bagi Anda yang ingin berkebun tin di tempat terbuka, sebaiknya buatkan pagar karena domba/kambing sangat suka daun tin.

Gambar yang saya lampirkan di dalam tulisan ini memperlihatkan tiga pohon tin yang dilahap kambing/domba dan pohon anggur juga. Yihaaa...

Btw, buat yang mau beli bibit tin silakan datang ke lokasi kami di Kp. Pasirmuncang RT.09/04, Desa Mulyasari, Ciampel, Karawang. Stok yang ready GY tinggi poho 30-50 Cm. Harganya cuman 50 rebu perak. Yuk, diorder.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.