IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menata Paralon Hidroponik, Kreatif, Elegan, Hijau! - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menata Paralon Hidroponik, Kreatif, Elegan, Hijau!

Urban Hidroponik - Media paling populer untuk berkebun hidropnik pada umumnya memakai pipa PVC dan U-PVC. Sebenarnya ada banyak media lain yang bisa digunakan, baik itu berupa barang baru maupun berasal dari limbah. Kita sekarang akan berbagi mengenai cara kreatif menata paralon hidroponik.


Berkebun hidroponik memiliki banyak aspek penting yang harus diperhatikan, selain berfungsi sebagai gardening, kepentingan ekonomi, fashion (gaya hidup), juga merupakan pekerjaan seni. Karena itu butuh kreatifitas maksimal untuk bisa membuat instalasi hidroponik.

Cara Membuat Instalasi Hidroponik Kreatif Berbahan Pipa PVC


Secara garis besar ada ada tiga jenis instalasi yang bisa diterapkan untuk berkebun hidroponik memakai pipa PVC, yaitu: vertical garden, landscape garden, dan tower garden. Saya saat ini hanya akan menulis tentang gambaran umum, tulisan lebih detail dan sifatnya teknis mungkin bisa kita buatkan video tutorial hidroponik saja supaya lebih jelas dan terperinci.

Hidroponik Vertical Garden Pipa PVC
Vertical garden pada prinsipnya bekerja dengan menyususn pipa PVC secara vertikal baik itu dalam garis lurus maupun berundak atau piramida. Anda bisa memasang instalasi hidroponik vertikal ini dengan menerapkannnya ke dinding atau pagar, bisa juga memasangnya di rak instalasi. Pengaturan nutrisi butuh teknik khusus dan tanaman tidak mendapatkan cahaya matahari terutama pada bagian instalasi paling bawah. Contohnya bisa Anda lihat di gambar yang ada di bawah ini.


Hidroponik Landscape Garden Pipa PVC
Adapun landscape garden untu hidroponik berbahan PVC cara pembuatannya sama saja seperti di atas, hanya saja cara penempatan dan penyimpanan instalasi tersebut dilakukan secara mendatar (landscape). Dalam hal ini lebih memakan tempat, butuh ruang luas, karena instalasi digeletakan secara mendatar.

Keuntungannya tentu semua tanaman mendapatkan cahaya matahari yang merata setiap hari dan pengaturan nutrisi jauh lebih mudah.

Hidroponik Tower Garden Pipa PVC
Cara ketiga yaitu dengan membuat tower garden hidroponik, keuntungannya jelas penghematan ruang yang sangat maksimal. Anda tidak butuh banyak pipa PVC. Prinsipnya yaitu dengan membuat instalasi berdiri tegak. Sebagai contoh, silakan lihat gambar di bawah ini:

urban hidroponik urban farming

Semoga penjelasan singkat di atas bisa memberikan gambara tentang bagaimana mengatur dan menata paralon hidroponik agar lebih artistik, elegan dan hijau. Selamat berkreasi, selamat berkebun. Salam hijau.
Diberdayakan oleh Blogger.