IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Aneka Teknik Hidroponik yang Harus Anda Ketahui - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Aneka Teknik Hidroponik yang Harus Anda Ketahui

Urban Hidroponik - Buat Anda yang sudah terjun di dunia hidroponik cukup lama, sepertinya sudah mengenal baik semua sistem penanaman hidroponik. Buat Anda yang baru saja menggemari dunia hidroponik, mari kita berkenalan secara umum dengan Jenis-Jenis Sistem Penanaman Secara Hidroponik,

Aneka Jenis Kebun Hidroponik


Saya mengakategorikan jenis-jenis hidroponik ini secara acak, tidak berdasarkan tingkat biaya, kemudahan ataupun lainnya. Dari beberapa sistem hidroponik yang saya ketahui, antara lain sebagai berikut:

  1. Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique) 
  2. Hidroponik DFT (Deep Flow Technique) 
  3. Hidroponik Sistem Sumbu (Wick System) 
  4. Hidroponik Sistem Tetes (Drip System) 
  5. Hidroponik Sistem Pengabutan (Aeroponik)
  6. Hidroponik Sitem Apung/Rakit (Floating System) 
  7. Hidroponik Sistem Pasang Surut (Eb and Flow) dan 
  8. Aquaponik (Hidroponik +) Maksudnya plus kolam ikan.
  9. Hidroponik Water Culture

Sekarang mari kita jelaskan secara umum perbedaan dari masing-masing sistem hidroponik di atas. Kurang lebih seperti di bawah ini.

Hidroponik Sistem NFT
Hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique) merupakan cara berkebun hidroponik dengan prinsip membagikan nutrisi ke tanaman melalui media air yang mengalir tipis dan rata. Instalasi hidroponik sistem NFT idealnya memakai talang (pipa U) karena permukaannya yang rata. Air nutrisi dialirkan ke instalasi memakai pompa air selama 24 jam.

Urban Farming, Urban Hidroponik

Hidroponik Sistem DFT
Hidroponik sistem DFT (Deep Flow Tehchnique) merupakan cara berkebun hidroponik dengan prinsip membagikan nutrisi ke tanaman melalui media air yang mengalir dan tergenang cukup dalam (kurang lebih 2-3cm). Instalasi hidroponik DFT bisa dibuat dengan memakai paralon pipa PVC atau botol bekas. Air dialirkan melalui pompa, jika tidak memungkinkan untuk menyalakan pompa selama 24 jam, Anda bisa memakai pompa pada pagi-sore hari saja.

Urban Hidroponik, Urban Farming

Hidroponik Sistem Sumbu (Wick System)
Hidroponik sistem sumbu merupakan cara berkebun hidroponik dengan prinsip pembagian nutrisi ke tanaman melalui air yang tergenang statis. Tanaman menyerap nutrisi melalui kain sumbu kemudian melalui akar. Hidroponik sistem sumbu ini terbilang lebih murah dan mudah, Anda tidak membutuhkan pompa, tidak perlu sirkulasi. Anda hanya perlu menambah air nutrisi bila surut.

Urban hidroponik, Urban Farming

Pada tulisan ini saya akan menutup pada 3 bagian dulu, penjelasan lain mengenai sistem hidroponik akan saya tulis di postingan berbeda. Jangan lupa berlangganan ya biar update terus infonya. Terima kasih telah berkunjung ke blog Urban Hidroponik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.