IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Berkebun Hidroponik Sebaiknya Pakai Pipa atau Talang Air? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Berkebun Hidroponik Sebaiknya Pakai Pipa atau Talang Air?

Urban Hidroponik - Pertanyaan dalam judul ini diajukan salah satu sahabat Urban Hidroponik beberapa waktu lalu. Ketika Anda hendak memulai berkebun hidroponik mungkin mengalami kebingungan serupa. Terutama pada pemilihan material yang ingin dipakai untuk berkebun, apakah memilih talang air yang kotak (UPVC) atau memakai pipa PVC? Atau memakai material lain?

Sekarang mari kita jawab pertanyaan di atas, sebelumnya jawaban yang akan diuraikan dalam artikel ini ditargetkan untuk Anda yang berkebun skala rumah tangga (konsumsi sendiri).

Cara Berkebun Hidroponik Skala Rumah Tangga

Beberapa alasan berikutnya semoga membantu Anda untuk memilih material yang sebaiknya digunakan untuk berkebun di rumah.

Kenapa Talang Air untuk Berkebun Hidroponik?
Pada umumnya talang air digunakan sebagai instalasi hidroponik untuk keperluan produksi sayur dalam jumlah besar dan konsisten. Karena talang air merupakan bahan ideal untuk dijadikan kebun hidroponik yang menopang pertumbuhan tanaman hidroponik secara maksimal terutama pada teknik NFT.

Talang air biasanya dipasang sebagai instalasi landscape garden (terhampar rata) hal ini dilakukan agar tanamannya mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Kenapa Pipa PVC untuk Berkebun Hidroponik?
Pipa PVC sebenarnya tidak terbatas untuk keperluan rumahan saja, banyak juga industri sayuran hidroponik yang memakai pipa PVC untuk berkebun. Akan tetapi untuk skala rumahan saya rasa pipa PVC jauh lebih mudah untuk digunakan berkebun. Hanya saja Anda butuh alat khusus untuk melobangi pipa (mesin bor).

Nah, buat Anda yang tidak memiliki mesin bor ada cara lain untuk melobangi pipa PVC, silakan simak videonya di link ini: 3 Cara Melobangi Pipa PVC untuk Berkebun Hidroponik.

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik

Mana yang lebih kuat di antara kedua material di atas? Dalam kondisi yang terkena sinar matahari langsung dalam kurun waktu lama pipa PVC lebih kuat, kalau talang air mudah melengkung. Sementara dalam proses pencuciannya, talang air jauh lebih mudah sehingga membersihkan lumut dan kotoran lain bisa dilakukan dengan sangat gampang.

Pilihan kembali lagi pada Anda, silakan pilih material yang sesuai dengan kemampuan Anda. Berkebun hidroponik itu pada hakikatnya gerakan budaya hijau yang berpegang pada prinsip 3R (Reuse Reduce Recycle). Selamat berkebun, sampai jumpa di artikel berikutnya. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.