IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Kiat Memilih Ukuran Pipa PVC yang Tepat untuk Berkebun Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Kiat Memilih Ukuran Pipa PVC yang Tepat untuk Berkebun Hidroponik

Urban Hidroponik - Berkebun hidroponik selain menyenangkan juga mudah untuk diaplikasikan. Anda bisa memanfaatkan aneka material atau bahan di sekitar rumah untuk dijadikan instalasi kebun hidroponik, salah satunya berkebun hidroponik memakai pipa PVC.

Untuk bisa berkebun apakah Anda butuh mengikuti pelatihan hidroponik? Sebenarnya, Anda dengan segala daya kreatif bisa mempelajari hidroponik secara otodidak. Akan tetapi tak ada salahnya juga sih bila Anda ingin mengikuti pelatihan hidroponik.

Kebun Hidroponik Pipa PVC


Sekarang langsung saja deh, kita bicara tentang kebun hidroponik memakai PVC. Kira-kira jenis pipa apa yang bagus? Ukuran pipanya berapa? Mereknya apa? Pertanyaan ini seringkali dilontarkan peserta pelatihan yang kita bina di beberapa tempat. Mari kita jawab satu persatu.

Merek Pipa PVC  untuk Berkebun Hidroponik
Kalau masalah merek pipa yang baik digunakan untuk berkebun hidroponik, tidak ada acuan. Merek yang satu hanya lebih mahal atau murah, itu saja. Selebihnya sama-sama terbuat dari PVC. Kami tidak akan merekomendasikan merek apa pun, pilihan ada di tangan Anda.

Jenis Pipa PVC untuk Berkebun Hidroponik
Jenis pipa secara umum matrial selalu menyediakan dua jenis pipa PVC yaitu Tipe D dan Tipe AW. Nah, tipe AW biasanya harganya lebih mahal dari Tipe D karena kualitasnya memang jauh lebih bagus.

Bila Anda ingin kebunnya tahan lama banget, silakan gunakan jenis pipa PVC Tipe AW. Tapi jangan salah pipa PVC Tipe D juga daya tahannya cukup lama kok.

Ukuran Pipa PVC untuk Berkebun Hidroponik
Sekarang kita bicara ukuran, berkebun hidroponik ini memang serba ada ukurannya. Termasuk ukuran pipa PVC yang digunakan sebagai instalasi. Sebenarnya semua ukuran pipa bisa dijadikan kebun (mulai dari pipa PVC 2,5" ke atas). Untuk kebutuhan hidroponik NFT, hidroponik DFT yang didesain secara vertikultur biasanya orang memakai pipa mulai dari ukuran 2,5-3 inci. Sementara pipa ukuran 4 inci dan lebih besar, biasanya digunakan untuk membuat tower hidroponik. Kalaupun dipaksakan untuk dijadikan instalasi hidroponik horizontal, biasanya air tidak bisa naik ke rockwool terlebih di tempat yang memiliki udara panas.

Urban Hidroponik, Urban Farming, Hidroponik Karawang, Hidroponik Ciampel

Kenapa harus pipa PVC 2,5"? Tidak harus, hanya saja banyak orang yang mempertimbangkan kedalaman pipa. Bila diameternya terlalu besar sayuran yang ditanam harus berupa sayuran yang sudah agak besar karena kalau sayuran masih kecil nantinya akan etiolasi. Tanaman sayur tersebut akan memiliki batang yang panjang. Dalam dunia jual-jualan sayur hidroponik produk sayuran berbatang ini tidak laku di pasar.

Jadi sekarang kita tahu kiat memilih pipa PVC untuk berkebun hidroponik. Selamat berkreasi, selamat berkebun. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

1 komentar:

  1. mau tanya, jadi pastinya yang Ideal untuk Hidroponik itu ukuran pipa berapa?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.