IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Program Sekolah Berkebun dari Urban Hidroponik Cianjur - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Program Sekolah Berkebun dari Urban Hidroponik Cianjur

Urban Hidroponik - Gerakan Sekolah Berkebun sebagai salah satu program kerja Urban Hidroponik sampai saat ini mendapatkan respon yang cukup baik, khususnya di daerah Cianjur - Jawa Barat. Program Sekolah Berkebun di sana, dilaksanakan oleh Urban Hidroponik Cianjur.

Sekolah Berkebun pada prinsipnya merupakan bagian dari proses pembelajaran, tentu sangat edukatif dan menjadi solusi atas kurangnya pembelajaran pada taraf social experience. Program Sekolah Berkebun melibatkan siswa, guru, dan masyarakat sekitar untuk secara nyata terlibat dalam proses pembuatan kebun di sekolah dari awal sampai menuai hasil panen dan seterusnya.

Program Sekolah Berkebun, Edukasi Hijau Berbasis 3R


Sampai saat ini sudah ada tiga sekolah di Cianjur yang mengikuti pembinaan Program Sekolah Berkebun, yaitu MS Al Madinah, MTs Al-Maa'uun, dan MTs.Al-Munawwir Cikalong. Manfaat apa yang bisa dipetik dari Program Sekolah Berkebun?

Sarana Pembantu Proses KBM
Berkebun tidak bisa dibilang sebagai kegiatan yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran pembelajaran. Kebun sekolah bisa dimanfaatkan sebagai media bantu proses pembelajaran baik itu dalam bentuk riset/penelitian maupun dalam bentuk pembelajaran lainnya.

Edukasi Budaya Hijau
Budaya hijau mengingatkan semua elemen di sekolah untuk senantiasa menjaga keharmonisan antara manusia dan lingkungannya. Dengan program Sekolah Berkebun semua elemen di sekolah bisa mendapatkan banyak ilmu mengenai hubungan antara manusia dan alam.

Selain itu, program Sekolah Berkebun mengutamakan prinsip 3R (Reuse Reduce dan Recycle) sehingga limbah lingkungan khususnya dalam bentuk sampah plastik bisa digunakan ulang untuk keperluan berkebun.

Wadah Kreatifitas dan Aktualisasi Diri
Sekolah berkebun diharapkan menjadi ajan kreatif dan aktualisasi bagi semua elemen sekolah untuk menyampaikan gagasa, ide, dan inovasi ke dalam bentuk nyata melalui media kebun di sekolah masing-masing.

Urban Hidroponik, Urban Farming, Hidroponik Cianjur
Proses Pembuatan Instalasi Botol Plastik Bekas 

Masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menerapkan program Sekolah Berkebun. Bahkan lebih jauhnya lagi, melalu kebun-kebun berbasis sekolah ini, sangat terbuka kemungkinan bagi sekolah yang kreatif untuk menjadikan kebun sekolahnya sebagai sumber-sumber tanaman pangan yang sehat.

Bagaimana Mengikuti Program Sekolah Berkebun?
Uraian lebih jelas mengenai bagaimana sekolah berkebun silakan dibaca dalam artikel ini Aplikasi Praktis Sekolah Berkebun. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi kami melalui nomor kontak yang tersedia.

Urban HIdroponik

Urban Farming Cianjur

Semoga ke depannya program sekolah berkebun ini bisa diikuti juga oleh sekolah lain. Baik untuk kepentingan edukasi maupun untuk pengembangan lebih jauh pada budidaya sayuran hidroponik. Kami ucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada sekolah-sekolah yang telah ikut melaksanakan program edukasi Sekolah Berkebun. Juga kepada tim Urban Hidroponik Cianjur yang terdiri dari Bapak Ismail, Bapak Titis, Kang Sahidin.

Untuk sekolah lain di Cianjur dan sekitarnya yang ingin mengikuti program ini silakan menghubungi kami.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.