IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Manfaat Teh Daun Zaitun untuk Kesehatan Tubuh - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Manfaat Teh Daun Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Urban Hidroponik - Siapa yang sudah tahu manfaat daun zaitun untuk kesehatan tubuh? Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu mengenai apa saja manfaat daun zaitun ini. Buat Anda yang belum tahu, simak yuk.

Zaitun termasuk salah satu tanaman yang disebut oleh Allah SWT dalam firmanNya, yaitu dalam Q.S At-Tin, disebut setelah tanaman tin. Zaitun yang punya nama latin Olea europaea) termasuk pohon kecil tahunan abadi, buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan.Zaitun pun banyak digunakan sebagai simbol perdamaian.

Manfaat Daun Zaitun untuk Kesehatan


Phytochemical (fitokimia) yang ditemukan dalam daun zaitun disebut oleuropein. Zat yang satu ini merupakan bahan aktif utama yang bertanggung jawab untuk kesehatan tubuh bila kita mengonsumsinya. Kira-kira apa saja yang bisa dilakukan oleh oleuropein ini?

Penghambatan dan Pencegahan KankerEkstrak daun zaitun telah terbukti memiliki efek anti melanoma pada tikus. Pengobatan tumor fase akhir secara signifikan mengurangi volume tumor. 

Penelitian lain juga menunjukkan kemampuan protektif terhadap kanker payudara dan menunjukkan pertumbuhan ditangkap dalam kultur jaringan sel kanker payudara manusia pada tahap awal dalam siklus pertumbuhan.

Pertumbuhan TulangSebuah penelitian di Spanyol dari 2011 menemukan bahwa oleuropein merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang (osteoblas), sehingga mencegah hilangnya kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis perkelahian.

Anti Virus dan Anti Bakteri
Oleuropein, dan senyawa lain yang ditemukan dalam daun zaitun, memiliki fitur unik yang membuat daun sangat efektif dalam memerangi berbagai mikro-organisme seperti bakteri dan virus. Zat-zat ini merusak kemampuan virus untuk membuat asam amino, sehingga mencegah kemampuan mereka untuk mereproduksi dan berkembang biak. 

Senyawa ini bertindak hanya terhadap mikro-organisme, benar-benar mencapai apa yang antibiotik tidak bisa mencapai - serangan yang ditargetkan dari masalah, bukan menyerang mikroorganisme bersama dengan tubuh

AntioksidanZaitun daun juga mengandung banyak fenol, antioksidan yang menetralisir tindakan radikal bebas. Radikal bebas adalah zat aktif yang merusak proses penciptaan DNA. Sebuah replikasi rusak DNA menyebabkan sel-sel kita untuk usia lebih cepat.

Anti Inflamasi
Salah satu penggunaan yang paling umum dari daun zaitun adalah penyembuhan berbagai infeksi dalam tubuh. Aktivitas anti-mikroba oleuropein mengurangi dan menyembuhkan peradangan.

Menurunkan Tekanan Darah
Telah ditemukan bahwa oleuropein mampu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan bahkan mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain itu, daun zaitun juga membantu untuk menghentikan detak jantung tidak teratur, meningkatkan aliran darah di arteri koroner dan menyeimbangkan kadar gula darah.

Menurunkan Kolesterol
Selain semua manfaat tersebut, daun zaitun mampu melawan pembentukan kolesterol jahat (LDL) dengan mencegah oksidasi. Kolesterol teroksidasi ini dianggap sebagai kolesterol "jahat" dan merugikan kesehatan kita.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Daun zaitun secara tradisional telah digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan upaya tubuh untuk melawan invasi organisme. Sebuah ekstrak cair terbuat dari daun zaitun segar terbukti memiliki kapasitas antioksidan hampir dua kali lipat ekstrak teh hijau dan 4 kali lebih tinggi dari vitamin C.

Pengobatan Terhadap Dingin 
Karena daun zaitun bekerja sangat baik terhadap virus yang berbeda, maka daun zaitunefektif dalam mencegah dan mengobati penyakit virus yang sering tidak dapat disembuhkan oleh obat konvensional. Di antara penyakit ini virus dingin, flu dan bahkan herpes.

urban hidroponikMengobati Penyakit Lainnya
Karena daun zaitun bekerja terhadap bakteri, virus dan bahkan terhadap infeksi jamur (seperti candida), daun zaitun efektif untuk mengobati berbagai macam penyakit. Antara lain, daun bertindak melawan malaria, polio, psoriasis, alergi, pilek, tuberkulosis, berbagai infeksi (di paru-paru, hati, gigi, telinga dan banyak lainnya), kelelahan kronis dan banyak lagi.

Mengatasi Malaria
Penyakit dari gigitan nyamuk seperti malaria pun bisa diatasi dengan daun zaitun. Kandungan yang ada di dalamnya akan menahan gejala penyakit malaria agar tidak menjadi lebih parah dan merusak daun tubuh.

Mencegah JamurAtasi jamur yang menempel di kulit dengan daun zaitun. Hal ini menjadikan daun unik yang satu ini sebagai salah satu daun obat luar. Penyakit kulit seperti gatal, kudis, panu, dan kurap bisa sembuh dengan alami.

Nah, demikian manfaat daun zaitun untuk kesehatan. Bila Anda sudah memiliki pohon zaitun, daunnya jangan dibuang, dibuat teh aja. Artikel mengenai cara membuat teh daun zaitun akan kami publikasikan pada tulisan berbeda. Kalau belum punya pohon zaitun, tinggal tanam aja di rumah, bisa ditanam di dalam pot kok.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.