IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Merangsang Stroberi Agar Cepat Berbuah - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Merangsang Stroberi Agar Cepat Berbuah

Urban Hidroponik - Punya kebun stroberi tapi tak kunjung berbuah? Bila ya, jangan khawatir karena ada cara tertentu yang bisa dilakukan untuk merangsang stroberi berbuah lebih cepat

Tanaman secara alamiah akan mengalami fase vegetatif dan vase generatif. Fase pertama disebut juga sebagai fase a-seksual, artinya tanaman hanya sekadar memperbanyak daun, tunas, pertumbuhan batang, stolon (reproduksi diri secara aseksual). 

Sementara pada fase generatif tanaman mulai berbunga dan berbuah. Ya itu sebabnya disebut fase seksual karena buah adalah anak-anak dari pernikahan dari serbuk sari dan putik. Jadi agar tanaman bisa cepat berbuah Anda harus merangsang tanaman segera berada di fase generatif.

Cara Mempercepat Stroberi Agar Berbuah


Pada masing-masing fase ada unsur hara kunci yang menentukan, pada fase vegetatif yaitu dipengaruhi oleh unsur N, sementara pada fase generatif unsur P dan K yang bermain.

Nah, agar tanaman bisa cepat berbuah maka berikan tanaman tersebut unsur hara yang memiliki kandungan P dan K berlimpah. Sebelum lebihjauh membahas mengenai si N, P, dan K ini kita perhatikan dulu hal lain yang bisa dilakukan agar stroberi cepat berbuah.

Pemangkasan Stolon
Stolon/sulur merupakan salah satu tanda stroberi masih asyik di fase vegetatif. Anda bisa memangkasnya saja kecuali Anda memang berniat memperbanyak pohon stroberinya. 

Pemotongan Daun Tua
Daun tua dan rusak pada tanaman stroberi bisa dilakukan sebagai salah satu cara percepatan pertumbuhan buah pada stroberi. Daun-daun tua ini juga menjadi beban di mana hasil fotosintesis menjadi terbagi-bagi (tidak fokus pada bunga dan buah). Sehingga munculnya buah menjadi lamban.

Penggemburan Media Tanam
Media tanam yang gembur sangat disenangi oleh tanaman stroberi, metan gembur akan memudahkan akar untuk menjangkau sumber-sumber hara di dalam metan. Selain itu akan memudahkan air nutrisi sampai ke area perakaran. Sehingga tanaman stroberi bisa mudah mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan.
urban hidroponik
Pemberian Pupuk Kimia
Setelah semua hal di atas dilakukan, langkah berikutnya adalah memakai pupuk kimia. Cara ini bisa dibilang sangat cepat, hanya saja sebaiknya hindari pemakaian pupuk kimia. Tapi jika Anda menginginkannya, silakan saja.

Anda bisa membeli zpt yang khusus untuk merangsang buah atau bisa menggunakan NPK mutiara dengan dosis 1-2 gram per pohon. Mau yang organik? Lanjut bacanya.

Pemupukan Secara Organik
Pemupukann stroberi secara organik juga bisa dilakukan, caranya sangat mudah. Anda hanya butuh cangkang telur dan kulit pisang. Hancurkan cangkang telur kemudian taburkan ke media tanam. 

Kulit pisang juga bagus untuk digunakan sebagai perangsang buah, sebaiknya jemur terlebih dahulu kulit pisang sampai agak kering dan berwarna kehitaman. Iris kulit pisang tersebut kemudian campurkan dengan media tanam. Pengirisan dilakukan agar kulit pisang cepat terurai dan unsu hara di dalamnya bisa segera diserap oleh tanaman.

Sekian cara merangsang stroberi agar berbuah, semoga menginspirasi. Selamat berkebun happy farming :)

Sumber gambar
https://dianalyblog.files.wordpress.com/2013/04/buah-stroberi.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.