IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Pestisida Nabati untuk Hama dan Penyakit Tanaman - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Pestisida Nabati untuk Hama dan Penyakit Tanaman

Urban Hidroponik - Kenapa pestisida nabati? Karena pestisida kimia yang berlebihan akan memberikan dampak negatif. Pemakaian pestisida kimia dapat menyebabkan hama menjadi kebal (resisten), menyebabkan ledakan hama baru, terbunuhmya organisme non-target, adanya sisa (residu) pestida pada produk pertanian, keracunan pada pekerja dan pencemaran lingkungan.

Semua kerugian di atas semakin berakumulasi dan butuh dicarikan solusi yang terbaik, maka dikembangkanlah pestisida nabati yang memberikan dampak negatif yang lebih kecil. Kinerja pestisida nabati tak kalah hebat dibanding pestisida kimia, hanya saja hasilnya tidak seinstan pestisida kimia.

Pestisida Nabati Lebih Sehat Ramah Lingkungan


Selain sebagai upaya untuk menghindari dampak negatif dari pestisida kimia, penggunaan pestisida nabati juga memberikan keuntungan sebagai berikut:
  • Relatif murah dan aman terhadap lingkungan 
  • Relatif cepat terdegradasi sehingga tidak akan mencemari lingkungan
  • Tidak menyebabkan keracunan pada tanaman
  • Sulit menimbulkan kekebalan terhadap hama
  • Kompatibel digabung dengan cara pengendalian yang lain
  • Mudah dibuat dan diaplikasikan
  • Mampu menghasilkan produk pertanian yang sehat dan bebas residu
  • Penggunaan ekstrak tanaman relatif aman terhadap musuh alami hama dan penyakit (predator dan parasitoid).
cara membuat pestisida nabatiCara kerja pestisida nabati sangat spesifik, yaitu  merusak perkembangan terlur, larva, dan pupa. Menghambat pergantian kulit. Mengganggu komunikasi serangga. Penolak makan. Menghambat reproduksi serangga betina. Mengurangi nafsu makan. Memblokir kemampuan makan serangga. Mengusir serangga dan menghambat perkembangan patogen penyakit.

Pestisida nabati dapat diaplikasikan menggunakan alat semprot (sprayer) seperti pestisida kimia pada umumnya. Atau dengan memakai kuas penyaput (pengecat) dinding atau merang yang diikat.

Jenis-jenis Tumbuhan Pestisida Nabati
Tumbuhan pestisida nabati terdiri dari beberapa jenis yaitu anti serangga (insektisida), moluskisida (anti moluska), rodentisida dan pestisida nabati serba guna (Silakan baca artikel tentang Kelompok Tumbuhan Biopestisida untuk uraian masing-masing kelompok di atas.

Bagaimana cara membuat pestisida nabati atau biopestisida? Kami akan urai di artikel berikutnya. Happy farming :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.