IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menanam Bawang Vertikultur Memakai Pipa PVC - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menanam Bawang Vertikultur Memakai Pipa PVC

Urban Hidroponik - Anda ingin berkebun bawang merah di lahan sempit, gunakan saja sistem vertikultur. Cara menanam bawang merah vertikultur sudah diuji oleh Bapak Suhadi pengurus Tegalbero Camp (Silakan baca artikel ini: Kebun Bawang Merah Vertikultur Raup 18 Juta Rupiah)

Sekarang kita akan berbagi mengenai cara menanam bawang merah vertikultur dan cara membuat tower vertikulturnya juga. Simak yuk.

Cara Menanam Bawang Merah Vertikultur


Tentu saja agar bisa berkebun memakai sistem vertikultur Anda harus mempunya kebun vertikultur. Salah satu material yang biasa digunakan untuk kebutuhan kebun vertikultur yaitu pipa PVC mereknya silakan atur sendiri.

Cara Membuat Tower Vertikultur
Sekarang langsung saja, kita bagikan mengenai cara membuat tower vertikultur memakai pipa PVC. Anda bisa melihat tahap-tahapnya vada video yang kami sematkan atau cukup membacanya di sini.

  • Siapkan pipa PVC ukuran 4" dan potong sepanjang 1-2 meter (sesuaikan kebutuhan)
  • Lobangi pipa tersebut memakai holesaw, jarak antar lobang 10cm
  • Isi pipa dengan media tanam kompos+sekam+kotoran kambing (1:1:0.5)
  • Tanam bibit yang sudah disiapkan
cara membuat tower vertikulturBagaimana dengan sistem fertigasinya? Sistem fertigasi untuk tower vertikultur tentu saja memakai sistem tetes (drip system/drip irrigation) baik dengan cara memasukan pipa 1/2" ke tengah media tanam maupun dengan membagikannya melalui selang HDPE.

Cara Menanam Bawang Merah Sistem Vertikultur
Setelah memiliki instalasi tower vertikultur sekarang waktunya menanami tower vertikultur itu dengan bawang merah. Berikut cara menanamnya.
  • Bibit yang digunakan berupa umbi bawang merah 
  • Pilih umbi bawang merah yang tunggal
  • Potong bagian pucuk umbi sedikit saja
  • Tancapkan bibit bawang merah di lobang tanam

Selesai, sekarang Anda hanya harus menunggu bawang merah tersebut tumbuh subur dan pastikan fertigasi berjalan sempurna. Mengenai penyiraman dan waktu panen silakan baca artikel ini Cara Berkebun Bawang Merah.


Sekian cara sederhana membuat tower vertikultur dan berkebun bawang merah memakai sistem vertikultur. Semoga menginspirasi, happy farming :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.