IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Nutrisi Organik untuk Hidroponik, Ramu Sendiri POC untuk Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Nutrisi Organik untuk Hidroponik, Ramu Sendiri POC untuk Hidroponik

Urban Hidroponik - Apakah mungkin memberikan nutrisi organik untuk hidroponik? Tentu saja, sangat memungkinkan. Namun sebelumnya, produk tertentu dikatakan organik bukan semata-mata dikatakan organik karena pemberian nutrisinya memakai pupuk organik, melainkan proses budidayanya yang secara keseluruhan tanpa kimia, mulai dari awal sampai paska panen.

Sekarang dari sini kita akan berbagi bacaan mengenai pertanian hidroponik yang dibesarkan dengan nutrisi organik. Apakah bisa? Tentu bisa, sudah ada beberapa petani hidroponik yang memakai nutrisi organik untuk pemupukan.

Membuat Pupuk Organik untuk Hidroponik


Salah satunya seperti yang ada di SMK 12 Bandung. Pupuk organik juga mengandung kelengkapan unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Bahan baku pupuk organik diperoleh dari limbah sayuran dan buah-buahan.

Di sekolah ini sistem hidroponik yang digunakan sistem NFT di lahan seluas 50m2. Kebutuhan nutrisi untuk kebun seluas itu dipenuhi dengan 2 tandon nutrisi berkapasitas 500 liter. Rutinitas bertani hidroponik organik ini merupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup dan ekstrakurikuler Klub Konservasi Sekolah.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nutrisi hidroponik organik oleh sahabat petani SMK 12 yaitu sebagai berikut:

  • Cacahan limbah sayur dan buah (kulit nanas, kulit mangga, sawi, kubis, caisim)
  • 1 liter air cucian beras
  • 1 liter air kelapa
  • 7 liter air bersih
  • 1/2 liter air gula (campuran 1/2 kg gula dan 1/2 liter air)
  • 5 liter urine kelinci
  • 5 kg kotoran domba

Semua bahan di atas dicampur lalu difermentasi selama 7-10 hari. Setelah itu lakukan penyaringan agar nutrisi cair terpisah dari ampasnya.  Semua rangkaian organik itu telah mengantarkan SMK 12 Bandung pada perkebunan hidroponik organik yang unggul. Hasil pangan yang mereka peroleh pun berupa sayur sehat organik.
cara membuat pupuk organik hidroponik

Bagaimana dengan Anda, masih ketergantungan AB Mix atau mulai berpikir untuk mencoba nutrisi organik buatan sendiri? Silakan. Selamat berkebun, happy farming, semoga kita semua menjadi petani yang dirahmati Allah SWT.

Daftar Pustaka
Rosy Nur Apriyanti, Hidroponik Perkotaan, Trubus Mclip, PT Trubus Swadaya, Jakarta 2015
Sumber gambar: http://www.vitahealthstores.ca/wp-content/uploads/Organic-Week-2012-Banner.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.