IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menetralkan pH Basa pada Tanah - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menetralkan pH Basa pada Tanah

Urban Hidroponik - Dalam artikel sebelumnya kita telah berbagi mengenai carai menetralkan pH asam pada tanah. Kali ini kita akan berbagi mengenai cara menetralkan pH basa pada tanah.

Seperti yang telah dibagikan sebelumnya, kadar pH akan sangat menetukan pertumbuhan tanaman. pH tanah yang ideal di Indonesia berkisar antara 6-7 itu artinya bila tanah yang akan Anda gunakan untuk berkebun memiliki nilai pH basa maka butuh dinetralkan.

Cara Menetralkan pH Tanah yang Basa


Cara menetralisir kadar pH yang bersifat basa pada tanah tidak sevariatif mengubah pH asam. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menambahkan belerang.

Menetralkan pH basa pada tanah dilakukan dengan pemberian sulfur atau belerang. Pemberian belerang bisa dalam bentuk bubuk belerang atau bubuk sulfur yang mengandung belerang hampir 100% . 

Pemberian pupuk yang mengandung belerang kurang efektif jika digunakan untuk menurunkan pH. Beberapa pupuk yang mengandung belerang yang bisa digunakan antara lain ZA (Amonium sulfat), Magnesium sulfat, Kalium sulfat, tembaga sulfat dan seng sulfat. 

Pemberian bahan organik/pupuk organik juga bisa membantu menormalkan pH tanah baik dari basa ke netral maupun dari asam ke netral. Atau setidaknya mendekati netral.

urban farming, urban hidroponik

Akan tetapi perlu diingat bahwa proses penetralan pH tersebut sifatnya tidak mudah, bila cara yang dilakukan bersifat instan maka hasilnya pun biasanya tidak lama. Bila meinginginkan hasil yang cukup lama maka perlu cara yang butuh proses.

Daftar Pustaka
Sumber: http://bakorluh.babelprov.go.id/content/cara-menetralkan-tanah-asam-dan-basa
Sumber gambar: http://www.lawnsolutionsaustralia.com.au/wp-content/uploads/2015/07/pH-testing-lime-for-healthy-lawns-900px.jpg?x76820

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.