IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Pelatihan Hidroponik Bersama Taruna Hidroponik Kelurahan Babakan, Legok - Tangerang - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Pelatihan Hidroponik Bersama Taruna Hidroponik Kelurahan Babakan, Legok - Tangerang

Urban Hidroponik - Ada kabar segar datang dari Kelurahan Babakan, Kecamatan Legok, Tangerang pada hari Minggu, 15 Januari 2016 kemarin. Sejumlah anak-anak muda yang terhimpun dalam wadah Taruna Hidroponik (Karang Taruna Kelurahan Babakan) mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun lingkungan tempat tinggalnya menjadi lebih segar, lebih hijau dengan cara ber-urban farming.

Keseriusan mereka dalam melakukan urban farming sebagai langkah awal dilakukan dengan  cara mengadakan sosialisasi dan pelatihan hidroponik. Dalam acara tersebut selain masyarakat umum, hadir juga perwakilan dari setiap desa di Kecamatan Legok baik aparatur, karang taruna maupun masyarakatnya.

Taruna Hidroponik Ajak Masyarakat Berkebun di Pekarangan


"Dalam acara sosialisasi dan pelatihan hidroponik ini kita juga mengundang setiap kelurahan untuk datang. Ke depannya gerakan urban farming dan hidroponik ini tidak hanya di Kelurahan Babakan tapi di semua kelurahan di Kecamatan Legok."Demikian menurut keterangan Zulkarnaen (Ketua Karang Taruna Babakan, Legok Tangerang yang juga menjadi lokomotif dari Taruna Hidroponik) (Minggu, 15/Jan/2016).

Salah satu sistem pertanian yang diterapkan yaitu sistem pertanian hidroponik yang cocok untuk kawasan kota, "Kita ingin membangun kesadaran masyarakat di Kelurahan Babakan, Legok, Tangerang ini agar bisa memanfaatkan lahan yang ada di lingkungannya untuk berkebun. "

Lahan-lahan pertanian yang dulu sempat ada di kawasan tersebut kini telah berganti menjadi "lahan terlarang" setelah beralih kepemilikan (dibeli) oleh pihak-pihak swasta. Karena itu Zulkarnaen mengajak masyarakat untuk mengolah lahan-lahan lain, misalnya pekarangan rumah agar menjadi lahan produktif pangan.

"Sistem hidroponik sangat cocok untuk diterapkan mengingat terbatasnya lahan, sehingga masyarakat yang tidak memiliki lahan pun, katakanlah hanya memiliki dinding atau pagar saja mereka juga bisa ikut berkebun. Intinya adalah mengedukasi masyarakat agar mampu mengolah lahan yang terbatas menjadi produktif dan ke depannya juga bisa menjadi tambahan penghasilan."

Sistem hidroponik yang sedang dibangun di Kelurahan Babakan, Legok Tangerang tersebut direncanakan tidak sekadar hobi atau musiman. Zulkarnaen dan kawan-kawan Taruna Hidroponik akan menyiapkan petani-petani hidroponik di daerah tersebut menjadi lebih teredukasi dan terorganisir sehingga ke depannya hasil pangan mereka bisa dikelola disalurkan ke pasar yang tepat. Jadi ke depannya produk petani tidak sekadar untuk pemenuhan dapur sendiri tapi juga bisa memberikan penghasilan.


Gerakan urban farming dengan sistem hidroponik tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap dimulai dari Kelurahan Babakan, kemudian dilakukan juga di rumah-rumah warga dan kelurahan lain.

"Kita berharap gerakan pertanian hidroponik di Kelurahan Babakan Legok Tangerang ini bisa lebih maju lagi ke depannya dan mendapatkan apresiasi dari banyak pihak juga baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakatnya itu sendiri." Demikian pungkas Zulkarnaen.

Pada waktu yang akan datang, para petani hidroponik tidak perlu bingung lagi mencari wadah atau tempat ngobrol hidroponik di Tangerang, bisa datang langsung saja ke Taruna Hidroponik dan mengoborol dengan Bang Zulkarnaen.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.