IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Zodia, Tanaman Pengusir Nyamuk Selain Lavender - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Zodia, Tanaman Pengusir Nyamuk Selain Lavender

Urban Hidroponik - Bicara tanaman pengusir nyamuk pasti terpaku pada lavender. Padahal ada tanaman pengusir nyamuk selain lavender yang bisa ditemui di luar sana. Kemampuannya mengusir nyamuk tak diragukan lagi. Tanaman apakah itu?

Tanaman pengusir nyamuk ini bernama Zodia, merupakan tanaman perdu yang berasal dari Papua. Tanaman zodia bisa mengusir nyamuk, baik indoor maupun outdoor. Kenapa bisa? Karena zodia mengandung evodiamine dan rutaecarpine yang tidak disukai serangga. Aromanya yang tajam membuat nyamuk kelojotan.

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk dari Papua


Zodia termasuk jenis tanaman yang sangat mudah perawatannya. Asal diberi air yang cukup maka akan tumbuh subur. Tapi jangan sampai airnya berlebihan karena akan membuatnya busuk. Usahakan agar media tanam tetap lembab supaya tanaman tidak layu. Selain air, zodia juga butuh sirkulasi udara yang cukup baik.

Kemampuan zodia dalam mengusir nyamuk juga disertai keunikan lainnya, yaitu perubahan warna daun. Jika zodia ditempatkan di tempat yang mempunyai suhu yang berbeda maka warna daunnya berubah. 

Misalnya zodia ditanam di Bogor akan berdaun hijau muda terang. Sementara zodia yang ditanam di Jakarta, akan berdaun hijau tua. Perbedaan warna daun tersebut dikarenakan perbedaan suhu di masing-masing kota. Perbedaan warna tersebut tidak lantas mengurangi kekuatan zodia dalam mengusir nyamuk. 

Perbedaan suhu udara juga akan memengaruhi pertumbuhan zodia, di tempat dingin tanaman unik ini bisa tumbuh lebih cepat hanya butuh waktu 8-9 bulan untuk bisa mencapai tinggi tumbuh sepanjang 20 Cm. Sementara di tempat panas, butuh waktu sampai 12 bulan untuk mencapai ketinggian yang sama. 

Menurut analisis Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Baittro) dengan gas kromatografi, minyak yang disuling dari daun zodia mengandung linalool 46 persen dan alpha-pinene 13,26% yang sudah sangat dikenal sebagai pengusir (repellent) nyamuk. 

Pengujian terhadap nyamuk demam berdarah menunjukkan bahwa lengan yang telah digosok dengan daun zodia terlindungi dari nyamuk tersebut selama enam jam dibandingkan dengan lengan yang tidak digosok. Daya halau zodia terhadap nyamuk tersebut sebesar 70%.
Berapa harga tanaman zodia? Zodia dengan tinggi sekitar 20 cm biasanya dijual Rp 10.000/pot. Semakin tinggi ukuran tanaman, semakin tinggi juga harga yang ditetapkan. 

Sekian sharing mengenai tanaman anti-nyamuk dari Papua ini, semoga bermanfaat. Kalau suatu hari pergi ke penjual tanaman coba tanyakan saja dan beli. Sepertinya jauh lebih alami ketimbang memakai obat nyamuk bakar yang bikin sesak. 

Referensi
https://anekaplanta.wordpress.com/2010/02/03/bertanam-tanaman-pengusir-nyamuk/
Sumber gambar: https://typicalgardener.files.wordpress.com/2010/08/zodia-flowers_b.jpg dan http://www.tokomesin.com/wp-content/uploads/2016/03/Peluang-Usaha-Tanaman-Zodia-dan-Analisa-Usahanya-tokomesin.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.