IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A 7 Manfaat Bonggol Jagung dan Cara Mengolahnya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

7 Manfaat Bonggol Jagung dan Cara Mengolahnya

Urban Hidroponik - Masih seputar jagung, dalam artikel sebelumnya kita telah berbagi mengenai manfaat rambut jagung. Sekarang kita akan berbagi manfaat bonggol jagung dan cara mengolahnya. Emang bonggol jagung ada manfaatnya?

Bukan sekadar biji jagung saja yang bisa dimanfaatkan, tapi nyaris semua bagian jagung bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, rambut, bonggol, dan batang jagung.

Batang dan daun jagung banyak digunakan sebagai pakan ternak karena mengandung nutrisi yang baik untuk hewan. Bagi pelaku industri kreatif, daun jagung kering dimanfaatkan untuk membuat ornamen bebungaan yang sedap dipandang mata.

Kulit jagung sering menjadi bahan untuk berbagai produk kerajinan. Termasuk juga sebagai cangkang/pembungkus wajit khas Cililin. Atau dijadikan bungkus dodol dari Garut.

Manfaat Bonggol Jagung


Biji jagung mungkin sudah sering kita manfaatkan baik sebagai pakan ternak maupun bahan olahan makanan. Lalu, bonggol jagung, apakah bisa dimanfaatkan dan untuk apa?

Bonggol Jagung untuk Pakan Ternak
Bonggol jagang dapat diolah untuk dijadikan pakan ternak, Jepang merupakan negara pertama yang melakukan pengolahan tersebut.

Bonggol jagung kering digiling dan dijadikan tepung yang disebut concobu. Tepung jagung ini mengandung berbagai jenis asam amino, karbohidrat komplek, protein dan mineral seperti zat besi, mangan, kalsium dan jenis lain.

Semua kandungan di atas, merupakan sumber nutrisi penting untuk hewan ternak. Sekarang proses pembuata tepung bonggol jagung sudah dikembangkan oleh beberapa ahli dan masyarakat di Indonesia.

Bonggol Jagung untuk Bahan Kue
Biasanya kita membuang bonggol jagung setelah bijinya habis dimakan, akan tetapi bonggol jagung dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat kue, misalnya cara ini dilakukan di Inggris.

Bonggol jagung yang masih segar dihaluskan dengan mesin kemudian direndam dengan air dingin sampai beberapa jam. Rendaman tersebut akan menghasilkan saripati yang rasanya manis dan menyegarkan.

Saripati itulah yang kemudian dimanfaatkan untuk membuat campuran kue, pudding atau es krim di Inggris sana. Selain itu saripati tersebut dimanfaatkan juga untuk membuat bahan sup untuk keperluan penurunan berat badan/diet.

Bonggol Jagung Pengganti Bahan Plastik
Pengembangan bahan plastik dari bonggol jagung memang masih sangat terbatas. Pada dasarnya bonggol jagung banyak mengandung bahan selulosa yang bermanfaat untuk membuat senyawa kimia pada bahan plastik.

Dalam bonggol jagung banyak mengandung beberapa senyawa selulosa yang bisa mengikat kimia plasti dengan baik. Ide untuk menggantikan bahan selulosa plastik dengan bonggol jagung sangat baik karena bisa menjadi bahan plastik yang ramah terhadap lingkungan.


Bahan Kerajinan/Seni Kreatif
Kerajinan dari bonggol jagung menjadi salah satu kerajinan asal Indonesia yang menarik bagi beberapa negara. Bongol jagung bisa dibentuk menjadi kerajinan yang sangat unik dan menarik. Beberapa pengrajin mengolah bonggol jagung menjadi kap lampu hias, hiasan untuk ruang tamu dan berbagai jenis kerajinan lain. Potensi kerajinan dari bonggol jagung bahkan sudah banyak disukai oleh beberapa negara lain seperti Perancis, Inggris dan Eropa.

Bonggol Jagung untuk Bahan Bakar
Memakai kayu bakar dari bonggol jagung adalah salah satu manfaat yang sangat umum. Proses ini bisa menurunkan kebutuhan energi lain seperti gas atau minyak tanah. Biasanya masyakarat yang memiliki hasil pertanian jagung akan menggunakan bonggol jagung sebagai pengganti kayu bakar. Bonggol jagung yang sudah dikeringkan bisa menghasilkan panas yang maksimal.

Bonggol Jagung untuk Pengganti Bahan Bakar Gas
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar ilmu pengetahuan, ternyata bonggol jagung bisa menjadi pengganti bahan bakar pengganti gas.

urban hidroponik, urban farmingBonggol jagung akan dikeringkan agar bisa menghasilkan zat panas dan uap. Setelah itu uap akan dilewatkan ke sebuah perangkat yang menyaring uap cair dari sisa pembakaran. Uap cair bisa menjadi bahan energi khusus yang sangat baik terhadap lingkungan dan tidak menimbulkan efek samping.

Bonggol Jagung Bernilai Ekonomi Tinggi
Bonggol jagung bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan termasuk sebagai benda kerajinan atau produk lain yang bermanfaat. Langkah ini membuat beberapa orang yang memang mengolah bonggol jagung mendapatkan manfaat ekonomi dan keuangan.

Kerajinan bisa dijual hingga pasar skala ekspor. Sementara petani bisa meningkatkan penghasilan karena bonggol jagung tidak hanya menjadi sampah atau bahan bakar pengganti kayu saja.

Bonggol jagung memang salah satu bahan khusus yang banyak mengandung senyawa kimia. Manfaat bonggol jagung masih harus dikembangkan untuk menemukan berbagai macam potensi lain. Hingga saat ini beberapa pakar ilmu pengetahuan memang memanfaatkan bonggol jagung sebagai bahan pengganti sumber energi utama.

Wow! Rupanya bonggol jagung memiliki sangat banyak manfaat yang bisa kita kelola dan kita kembangkan, sehingga kita bisa memanfaatkan semua bagian jagung mulai dari batang, bonggol, biji, daun, termasuk rambut jagung.

Referensi
http://manfaat.co.id/manfaat-bonggol-jagung
Sumber gambar: http://onenews.id/wp-content/uploads/2016/11/bonggol-jagung.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.