IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Petani Selada Hidroponik di Solo Raup Jutaan Rupiah Dalam Sepekan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Petani Selada Hidroponik di Solo Raup Jutaan Rupiah Dalam Sepekan

Urban Hidroponik - Kisah sukses petani hidroponik ini datang dari Solo, Jawa Tengah, tiada lain dari Bapak Andi Wibowo yang berkebun selada sistem hidroponik. Omzet jutaan rupiah yang didapatkannya ini pada awalnya hanya coba-coba saja.

Setelah mendalami hidroponik beliau mulai serius berkebun selada. Beliau sudah memulai berkebun hidroponik sejak tahun 2012 dengan memanfaatkan dua lahan di belakang rumah. Lahan pertama berukuran 16x16 meter dan lahan kedua berukuran 20x20 meter.

Kisah Sukses Petani Selada Hidroponik


Kedua lahan itu menjadi kebun hidroponik yang di dalamnya berderet pipa PVC ukuran 3 inci yang semuanya dirangkai menjadi 16 instalasi dan memiliki total lobang tanam sejumlah 780 lobang. 

Ratusan lobang itu digunakannya untuk berkebun aneka selada, mulai dari selada keriting hijau, merah, romaine, dan butterhead. Kebutuhan benih untuk semua jenis selada di atas didatangkan langsung dari Amerika dan Belanda dengan alasa kualitas benih yang memang bagus. 

Meskipun sebagian besar benih yang digunakannya merupakan benih import, beliau juga tetap menggunakan benih lokal. Menurutnya budidaya hidroponik ini tidak terlalu sulit dan lebih efisien.

Tenaga kerja yang dimiliki beliau saat ini berjumlah 4 orang yang bertugas membantunya bertanam, mulai dari fase semai, perawatan dan paska panen. Masa tanam selada yang dilakukannya yaitu antara 30-40 hari setelah bibit ditanam. 

budidaya selada sistem hidroponik

Dalam sepakan saya bisa panen antara 1-2 instalasi. Selama ini Andi memasarkan selada hidroponiknya ke berbagai supermarket, hotel dan restauran kelas menengah-atas di seputaran Solo dan Yogyakarta.

Sebagai produsen sayur hidroponik, beliau masih kewalahan memenuhi permintaan sayur hidroponik di kedua kota tersebut. Permintaan pasar selalu meningkat, meskipun beliau saat ini telah bekerja sama dengan petani yang bersifat mitra.

Daftar Pustaka
http://www.jitunews.com/read/22647/dahsyat-warga-solo-ini-petik-untung-jutaan-rupiah-dari-selada-hidroponik#ixzz4WJygW600
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0o_U7dE5POnnBMGNYV65di1eJywQsHjWYDv3HCBO5lrOAvtGxmioDZDpQyks9iyZMoCd1mfsXX8g3XmXOjVujmrkIuEErAu4ua8j-hqgaIGwL6qBdlv_vvA_9Yq365fgGmxv_TAfVgg8/s1600/hidroponik-selada.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.