IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Basmi Belalang Memakai Daun Sirsak, Insektisida Alami Organik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Basmi Belalang Memakai Daun Sirsak, Insektisida Alami Organik

Urban Hidroponik - Salah satu hama sayuran hidroponik yaitu belalang. Daun sayur yang diserang hama belalang akan rusak, berlobang-lobang. Selain menurunkan kualitas dan kuantitas sayur, dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan gagal panen, terutama untuk kebun hidroponik tanpa GH. Bagaimana cara membasmi hama belalang secara organik?

Cara mengendalikan hama belalang bisa dilakukan secara kimiawi maupun organik. Akan tetapi di sini kita akan berbagi mengenai cara basmi belalang secara organik. Pemakaian pestisida kimia sudah saatnya dikurangi, karena pestisida akan merusak keseimbangan, menjadi racun bagi kita sendiri dan menjadi racun bagi organisme menguntungkan yang sebenarnya kita butuhkan.

Insektisida Alami Anti Belalang


Insektisida alami sebenarnya memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mengendalikan hama serangga. Selain itu insektisida alami ini juga bersifat aman, murah, mudah diterapkan petani dan efektif membunuh hama serta mudah dibuat. 

Bahan-bahan penyususn komposisi insektisida nabati juga mudah terurai (biodegradable) sehingga tidak mencemari lingkungan dan relatif aman bagi manusia dan ternak karena residunya mudah hilang.

Tanaman Insektisida Anti Belalang

Salah satu bahan pembuat insektisida alami adalah tanaman. Dan tanaman yang bisa digunakan yaitu sirak. Bagian dari tanaman sirsak yang digunakan adalah daun dan biji. Daun sirsak mengandung senyawa acetogenin, antara lain asimisin, bulatacin dan squamosin. 

Pada konsentrasi tinggi, senyawa acetogenin memiliki keistimewaan sebagai anti-feedent. Dalam hal ini, hama serangga tidak lagi bergairah untuk melahap bagian tanaman yang disukainya. Sedangkan pada konsentrasi rendah, bersifat racun perut yang bisa mengakibatkan hama serangga menemui ajalnya. 

cara membasmi hama belalang secara organikEkstrak daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk menanggulangi hama belalang dan hama-hama lainnya. Bagaimana membuatnya?

Cukup menumbuk daun sirsak sampai halus kemudian aduk dengan air bersih untuk mendapatkan ekstrak/saripati daun sirsaknya. Perbandingan dalam pemakaian yaitu 1 liter air : 250 ml pekatan daun sirsak. Semprotkan pagi dan sore.

Referensi
http://khasiatdaunsirsak.com/wp-content/uploads/2016/12/Fungsi-Daun-Sirsak.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.