IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Guano Kotoran Kelelawar, Pupuk Organik yang Kaya Nitrogen - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Guano Kotoran Kelelawar, Pupuk Organik yang Kaya Nitrogen

Urban Hidroponik - Kotoran kelelawar atau guano bisa dijadikan pupuk organik. Guano/kotoran kelelawar ternyata mengandung banyak unsur hara yang dibutuhkan tanaman. Guano mengandung nitrogen yang banyak.

Guano diposisikan sebagai penghasil nitrogen terbesar setelah kotoran merpati. Kita tahu nitrogen termasuk salah satu unsur hara makro bagi tanaman. 

Pupuk Organik Kotoran Kelalawan (Guano)


Guano menempati urutan pertama sebagai kotoran hewan penghasil fosfat terbesar. Dan guano menduduki urutan ketiga sebagai kotoran hewan penghasil kalium.

pupuk organik guanoSelain ketiga unsur di atas guano mengandung semua unsur atau mineral mikro yang dibutuhkan tanaman. Tidak seperti pupuk kimia buatan, guano tidak mengandung zat pengisi. Guano tinggal lebih lama dalam jaringan tanah, meningkatkan produktivitas tanah dan menyediakan makanan bagi tanaman lebih lama dari pada pupuk kimia buatan.

Akan tetapi kemampuan guano sebagai pupuk organik yang juara, masih belum mendapatkan banyak ruang dalam dunia pertanian Indonesia. Pupuk yang digunakan oleh mayoritas petani masih berkiblat pada pupuk kimia yang notabene bila digunakan secara terus-menerus malah merusak tanah.

Meskipun demikian, kita tidak perlu berkecil hati. Saat ini telah banyak yang menjual guano/kotoran kelelawar sebagai pupuk organik. Beberapa waktu ke depan pemerintah bisa melihat potensi unggul ini sebagai solusi pupuk pertanian, bukan lagi sebagai alternatif pupuk di duniapertanian. Semoga.

Referensi
https://anekaplanta.wordpress.com/2010/02/01/guano-bahan-pupuk-organik-yang-diremehkan/
Sumber gambar: https://maxpull-gdvuch3veo.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2014/05/bat-guano.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.