IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cegah Inflasi dengan Berkebun di Pekarangan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cegah Inflasi dengan Berkebun di Pekarangan

Urban Hidroponik - Kata inflasi secara sederhana dapat dipahami sebagai inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Salah satu komoditi pangan yang dapat memicu inflasi adalah cabai. Harga cabai selama ini bisa dipastikan selalu mengalami fluktuasi. Harga cabai bisa sangat rendah atau sebaliknya sangat melangit mencapai ratusan ribu perkilogram.

Gerakan Nasional Tanam Cabai di Pekarangan


Pemerintah pun menjadikan cabai menjadi satu dari 11 komoditi yang mendapat perhatian utama dalam program upaya khusus (upsus). 

Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian yaitu menggerakan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan komoditi utamanya adalah cabai. Bahkan pemerintah meneken Nota Kesepahaman (MoU) dengan PKK dalam pemanfaatan pekarangan rumah sebagai KRPL dengan menanam cabai.

Gerakan yang diberi nama Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) ini targetnya sebanyak 10 juta pohon. Menurut data sensus, jumlah kaum wanita di Indonesia ada 176 juta jiwa. Artinya 70% dari jumlah penduduk Indonesia. Meskipun sebenarnya kamu lelaki pun memiliki kewajiban sama untuk ikut dalam Gertam Cabai ini.
gertam cabai kementan pkk

Amran yakin, jika satu rumah menanam lima batang cabai, maka persoalan cabai akan selesai. Tidak akan ada lagi harga cabai melambung tinggi. Bahkan dengan memenuhi cabai dari pekarangan sendiri juga menghemat belanja rumah tangga.

Kalau tiap rumah bisa tanam cabai, minimal 5 batang itu bisa menghemat belanja rumah tangga selama dua bulan. Kemudian cabai itu nantinya dapat menekan laju inflasi.

Cara Menanam Cabai di Pekarangan
Bagaimana cara menanam cabai di pekarangan? Silakan baca artikel lengkap cara menanam cabai di pekarangan.

Referensi
Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJxRajS8_yfIehnY4SOmkHIi08s6ncXP-gWSMhwVHNxcqbVXM2igXwwimGSDsDZwYrU9PZXn0y0GF8RgSrPUHMfEBMHbSgatwRQUnyGoGAmWXSCQpC9hRxq2fzqReEZAhySr3b_Ip0YWg/s1600/Tanaman+cabai+dalam+pot+yang+cepat+berbuah.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.