IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Aneka Penyakit Tanaman Tomat dan Cara Pengendaliannya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Aneka Penyakit Tanaman Tomat dan Cara Pengendaliannya

Urban Hidroponik - Sebelumnya kita sudah berbagi mengenai hama tanaman tomat, sekarang kita akan berbagi mengenai aneka penyakit tanaman tomat dan cara mengendalikannya.

Penyakit yang umum menyerang tanaman tomat biasanya berupa serangan layu fusarium, busuk buah dan bercak bakteri. Semua penyakit tanaman tomat ini menyebabkan hasil panen tidak prima, bahkan dalam skala tertentu dapat menyebabkan gagal panen.

Cara Mengobati Penyakit Tanaman Tomat


Penyakit tanaman tomat dapat disebabkan oleh jamur seperti pada layu fusarium, maupun oleh bakteri seperti pada busuk bakteri.

Penyakit Layu Fusarium Tanaman Tomat
Penyakit layu fusarium disebabkan oleh serangan jamur Fusarium oxysporum. Jamur ini awalnya menyerang dari akar kemudian berkembang ke lewat jaringan pembuluh. Tanaman tomat yang terkena penyakit ini akan berubah menjadi layu dan mati.

Jaringan pembuluh yang terserang berwarna cokelat dan menghambat aliran air dari akar ke daun. Sehingga daun dan batang atas menjadi layu.

urban farming tomatPada malam hari tanaman masih terlihat segar, begitu ada sinar matahari dan terjadi penguapan tanaman dengan cepat menjadi layu. Pada sore harinya, bisa kembali menjadi segar dan keesokan harinya akan layu kembali hingga pada akhirnya mati.

Untuk menghindari serangan penyakit ini gunakan benih yang resisten. Penggunaan mulsa plastik juga bisa menekan perkembangan jamur dalam tanah. Hindari budidaya tanaman tomat pada bekas lahan yang pernah terserang jamur ini. Berikan jeda yang cukup lama hingga bisa kembali ditanami tomat.

tomat organik Penyakit Busuk Daun Tanaman Tomat
Penyakit busuk daun disebabkan oleh jamur Phytophthora infestans. Biasanya menyerang pada tanaman tomat di dataran tinggi. Gejala serangan pada daun terjadi bercak coklat hingga hitam. Awalnya menyerang ujung dan sisi daun, kemudian meluas ke seluruh permukaan daun hingga ke tangkai daun.

Tanaman yang terserang penyakit ini harus segera dicabut dan dibakar, jangan di kubur. Gunakan varietas unggul dan bebas jamur. Penyemprotan bisa menggunakan fungisida.

Penyakit Busuk Buah Tanaman Tomat
urban hidroponikBusuk buah disebabkan oleh cendawan Thanatephorus cucumeris. Penyakit ini menyerang buah tomat. Buah yang terserang akan terlihat bercak kecil berwarna coklat. Kemudian akan membesar, cekung dan bagian tengahnya retak.

Selain itu ada busuk buah yang disebabkan oleh cendawan Colletotrichum coccodes. Gejalanya terdapat bercak kecil berair, membulat dan cekung. Pada pangkal buah dekat tangkai terdapat bercak ungu.

Pengendalian adalah dengan menggunakan benih resisten. Sisa tanamn yang sakit tidak boleh dipendam tapi harus dibakar untuk memutus siklus hidup cendawan. Gunakan air untuk menopang tanaman tomat agar buah tidak menyentuh tanah. Lakukan rotasi tanaman bila serangan meluas semprot dengan fungisida yang berbahan aktif kaptafol.

Penyakit Bercak Bakteri Tanaman Tomat
Penyakit bercak bakteri disebabkan oleh Xanthomonas vesicatoria. Penyakit ini bisa menyerang buah, daun dan batang tanaman tomat.

Pada buah pada mulanya terlihat bercak berair dan berubah menjadi bercak bergabus. Daun yang terserang akan terlihat keriting dan mengering. Sedangkan batang yang terserang akan terlihat kerang memanjang berwarna keabu-abuan.

Pengendalian dilakukan dengan memilih benih unggul yang bebas penyakit. Rotasi tanama dengan yang berbeda keluarga bisa membantu menekan resiko serangan. Tanaman yang terserang dicabut dan dibakar. Penyemprotan bisa menggunakan bakterisida yang mengandung antibiotik, gunakan dosis sesuai petunjuk.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.