IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Tabel Masa Panen Sayuran Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Tabel Masa Panen Sayuran Hidroponik

Urban Hidroponik - Sedang mencari data atau tabel masa panen sayuran hidroponik? Kita bagikan di sini, tulisan ini berbagi mengenai tabel masa panen beberapa jenis sayuran buah dan sayuran daun yang umum dibudidayakan memakai sistem hidroponik.

Benarkah sistem hidroponik bisa mempercepat masa panen? Benar, tanaman yang dibesarkan dengan sistem hidroponik memiliki pertumbuhan lebih cepat dibanding tanaman yang dikelola dengan sistem pertanian konvensional.

Tabel Masa Panen Sayuran Hidroponik


Kenapa sistem hidroponik bisa mempercepat pertumbuhan tanaman? Karena sistem hidroponik dirancang untuk memberikan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman. Sehingga tanaman tidak mengalami defisiensi  nutrisi.

Tapi, meskipun tanaman sudah mendapat nutrisi yang sesuai pertumbuhannya masih sangat mungkin terganggu, terutama pada kebun yang tidak mendapatkan cahaya matahari yang cukup, kebun yang memiliki kadar pH air yang tidak sesuai kebutuhan tanaman.

Kangkung dan bayam termasuk sayuran daun yang bisa dipanen dalam jangka waktu 30-40 hari dengan memakai sistem hidroponik. Sementara tanaman lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah ini

urban farming, urban hidroponikBila tanaman belum masuk masa panen, apakah boleh tanaman tersebut dipanen?

Hmmm... Sebenarnya boleh saja Anda memanen tanaman tertentu sebelum waktunya. Hanya saja kualitas dan kuantitasnya belum maksimal.

Misalnya pada tanaman cabai, cabai yang dipanen muda biasanya terasa pahit dan kurang pedas. Tidak seperti cabai yang dipanen setelah merah atau cukup umur.

Semoga tabel beberapa tanaman yang umum dibudidayakan secara hidroponik di atas bisa bermanfaat. Silakan berbagi dan bila ada kekeliruan data mohon koreksi pada bagian komentar atau via e-mail. Terima kasih. Selamat berkebun! :) Happy farming

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.