IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Manfaat Air Cucian Beras untuk Pemupukan Tanaman - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Manfaat Air Cucian Beras untuk Pemupukan Tanaman

Urban Hidroponik - Manfaat air cucian beras untuk tanaman apa sih? Dalam banyak artikel Anda mungkin sering membaca air cucian beras banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair. 

Benarkah air cucian beras memberikan unsur hara yang dibutuhkan tanaman? Bagaimana bisa air cucian beras menjadi nutrisi bagi tanaman? Kira-kira, kenapa ya? Hmmm...

Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman


Sebelum kita cari tahu manfaatnya, berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam cucian air beras. Saat mencuci beras, biasanya air cucian akan berwarna keruh. Air tersebut rupanya mengandung beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Jadi, mulai besok kalau mencuci beras sebaiknya jangan buang air cucian beras, akan lebih bermanfaat bila Anda menampungnya dan menyiramkannya untuk tanaman. 

Air cucian beras yang berwarna keruh (putih keruh) mengandung posfor (P) yang berguna untuk memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda. 

nutrisi organik air berasKandungan hara lain yang terdapat dalam air cucian beras yaitu zat besi yang berguna untuk pembentukan hijau daun (klorofil) dan pembentukan karbohidrat, lemak dan protein. 

Unsur hara lain yang terdapat dalam air cucian beras yaitu vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi. Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim). 

Berdasarkan hasil penelitian Yayu Siti Nurhasanah mahasiswa IPB, air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens. Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian petogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman. 

Bakteri Pseudomonas fluorescens sangat berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan pemicu pertumbuhan tanaman. 

Dulu, ketika saya masih kecil, ibu pernah membuatkan beberapa kali susu air beras. Air cucian beras tersebut direbus sampai mendidih kemudian ditambahkan gula agar berasa manis. Setelah itu saya mengonsumsinya sebagaimana menyeruput susu kaleng. Aaaah...

Daftar Pustaka
http://www.gagaspertanian.com/2011/10/kandungan-air-cucian-beras.html
Sumber gambar: http://spirit.web.id/wp-content/uploads/2015/07/manfaat-air-beras.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.